Penanganan Luka Bakar Pada Anak

      No Comments on Penanganan Luka Bakar Pada Anak

Penanganan Luka Bakar Pada Anak

Penting untuk melakukan Penanganan Luka Bakar Pada Anak, karena apabila sampai terlambat sedikit saja maka akan buruk akibatnya yang akan dialami oleh anak.

Meskipun luka bakar bisa dibilang bukan suatu gangguan yang serius, namun luka bakar ada tiga tingkatan ( ringan – sedang – berat ).

Cara untuk menangani tingkatan luka bakar jelas berbeda beda, ada yang biasa dan ada yang harus masuk ke rumah sakit.

Untuk itu pentingnya anda mengetahui apa saja cara penanganan luka bakar baik pada orang dewasa maupun pada anak.

Apabila anda sudah mengetahui apa saja penanganan yang harus dilakukan maka anda akan membuat anak tidak memiliki resiko untuk terkena dampak buruk yang bisa ditimbulkan luka bakar.

Simak Juga Ya ⇒ Penanganan Pertama Luka Bakar

Melakukan Penanganan Sejak Dini Luka Bakar Pada Anak

Penanganan Luka Bakar Pada AnakPenanganan Luka Bakar Pada Anak – Seperti yang sudah anda ketahui diatas bahwa luka bakar memiliki tiga tingkatan yakni ( Ringan – Sedang – Berat ).

Tingkatan ringan => Biasanya luka bakar pada tingkatan ini terbilang ringan dan untuk penanganannya pun tidak terlalu menyulitkan dan bisa dengan mudah untuk ditangani.

Tingkatan sedang => Pada tingkatan sedang, biasanya luka bakar cukup parah dan perlu penanganan yang cukup serius, biasanya luka yang disebabkan karena luka bakar tingkatan sedang bisa sampai merusak kulit.

Tingkatan berat => Pada tingkatan yang satu ini anda biasanya orang yang mengalami luka bakar biasanya sampai harus dibawah kerumah sakit karena luka bakar yang dialami terbilang parah.

Penting bagi anda yang mengalami luka bakar, baik itu ringan, sedang, dan berat untuk melakukan penanganan sejak dini untuk mencegah agar tidak terkena dampak buruk luka bakar.

⇒ Apa saja yang harus dilakukan untuk dijadikan sebagai langkah penanganan pada anak yang mengalami luka bakar ?

Berikut adalah beberapa cara penanganan luka bakar menurut tingkatannya dari ringan, sedang, sampai berat :

Cara Penanganan Luka Ringan

Apabila anda mengalami luka bakar tingkatan ringan, berikut cara yang bisa anda coba untuk dijadikan sebagai penanganan luka bakar ringan :

Langkah yang bisa dilakukan untuk menangani luka bakar ringan adalah dengan menggunakan air yang mengalir.

Diamkan luka bakar dibawah air mengaliar, ini bertujuan untuk mendinginkan luka bakar dan juga untuk menghilangkan rasa sakit agar tidak terlalu sakit.

Cara Penanganan Luka Bakar Sedang

Untuk menangani luka bakar sedang tentu berbeda dengan cara menangani luka bakar ringan.

⇒ Bagaimana cara melakukan penanganan pada luka bakar sedang ?

Berikut ada beberapa cara penanganan luka bakar sedang yang bisa dilakukan :

  • Salep

Untuk mengobati luka bakar sedang yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan salep yang bisa membantu mengobati luka bakar.

Untuk mendapatkan salep luka bakar anda bisa membelinya di apotek atau warung obat terdekat yang ada di dekat rumah anda.

  • Minyak tanah

Perlu anda bahwa minyak tanah ternyata cukup efektif dalam membantu mengobati luka bakar sedang secara alami dan cepat.

Salah satu manfaat dari minyak tanah untuk luka bakar sedang adalah bisa mencegah luka bakar melepuh atau juga bernanah.

  • Es batu

Langkah penanganan lain yang bisa anda coba untuk mengobati luka bakar sedang adalah dengan menggunakan es batu.

Caranya anda bisa menaruh es batu yang dimasuk dialam kain halus lalu taruh diatas luka bakar, namun yang harus anda ingat adalah jangan lebih dari 15 menit untuk menaruh es batu diatas luka bakar.

⇒ Mudah bukan ?

Oleh karena itu bagi anda yang mengalami luka bakar sedang, salah satu langkah penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan es batu.

Cara Penanganan Luka Bakar Berat

Biasanya luka bakar berat disebabkan karena kebakaran atau karena hal lainnya, untuk penanganannya sendiri biasanya kalau luka bakar berat harus dibawah ke rumah sakit.

Apa saja langkah penanganan yang harus dilakukan oleh orang yang mengalami luka berat ?

Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan oleh orang yang mengalami luka bakar berat :

  • Masuk UGD

Biasanya luka bakar berat bisa sampai membakar sebagian tubuh orang yang mengalaminya, untuk itu hal yang harus dilakukan oleh orang yang mengalaminya adalah dengan pergi ke UGD.

Penanganan ini sangat penting untuk dilakukan agar orang yang mengalami luka bakar tidak mengalami kondisi yang bisa membahayakan kondisinya atau bahkan nyawa.

Perlu anda ketahui meskipun luka bakar bukan termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya, namun yang harus anda ketahui bahwa luka bakar apabila sampai terlambat mendapatkan pengobatan akan fatal akibatnya untuk kesehatan.

Maka dari itu apabila anda atau teman anda mengalami luka bakar yang berat segera lakukan pengobatan dengan memasukan ke UGD untuk mendapatkan pertolongan pertama.

  • Resusitasi

Langkah penanganan ini dilakukan apabila dokter tidak mendeteksi denyut nadi anda, maka dokter akan melakukan resusitasi pada jantung dan juga paru paru orang yang menglami luka bakar.

Kebanyakan kasus orang yang mengalami luka bakar berat ada yang sampai meninggal dunia, untuk itu langkah resusitasi ini sangat penting untuk dilakukan, agar bisa memastikan apakah pasien masih hidup atau tidaknya.

  • Kassa lembab

Penanganan lain yang akan dilakukan oleh rumah sakit adalah dengan menutup luka bakar dengan menggunakan kain yang sudah dilembabkan dokter.

Penanganan yang satu ini bertujuan agar luka bakar tidak terkena bakteri atau hal lain yang bisa menempel pada luka bakar yang mengakibatkan terjadinya infeksi.

  • Antibiotik

Pemberian antibiotik sangat penting untuk didapatkan oleh orang yang mengalami luka bakar, ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi yang terjadi pada luka bakar.

Perlu anda ketahui apabila luka bakar terkena infeksi, maka akan sangat buruk akibatnya bagi orang yang mengalaminya.

Untuk itu langkah penanganan dengan memberikan antibiotik ini sangat penting untuk dilakukan yang bertujuan untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi.

  • Pengecekan denyut nadi

Dokter akan melakukan mengecekan denyut nadi pada korban yang terkena luka bakar berat, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah korban kebakaran masih bisa ditolong atau tidaknya.

  • Infus dan oksigen

Jika dokter mendapati korban yang mengalami luka bakar denyut nadinya lemah, maka langkah yang dilakukan dokter adalah dengan memberikan infus dan oksigen.

  • Suntik tetanus

Langkah penanganan dengan melakukan suntik tetanus adalah langkah selanjutnya yang dilakukan dokter, hal ini bertujuan untuk mencegah agar tidak memiliki resiko komplikasi dengan penyakit tetanus.

Diatas adalah beberapa Penanganan Luka Bakar Pada Anak baik itu luka bakar ringan, sedang, dan juga berat.

Simak Juga Ya ⇒ Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu anda untuk berkunjung ke halaman resmi kami untuk memperbaharui informasi anda mengenai kesehatan, semoga ada manfaat yang bisa anda ambil dari artikel ini.

Penanganan Luka Bakar Pada Anak

Di Postkan : Penanganan Luka Bakar Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *